Cara Mengembalikan Semangat Kerja Karyawan Setelah Libur Lebaran

Setelah sekian lama menjalani cuti bersama Idul Fitri 1440 Hijriyah, mulai minggu ini seluruh karyawan di Indonesia kembali pada rutinitas harian mereka di kantor. Libur cuti bersama telah berakhir, namun bayang-bayang akan kesenangan liburan belum juga bisa hilang di benak karyawan. Hal ini membuat karyawan kehilangan semangat kerjanya dan berpotensi menurunkan produktivitas perusahaan.

HR selaku wali bagi karyawan dikantor memiliki peran penting untuk mengembalikan semangat kerja karyawan sehingga produktivitas perusahaan tetap stabil. Berikut telah disajikan beberapa cara yang dapat dilakukan HR agar semangat kerja karyawan kembali di minggu pertama bekerja setelah libur panjang cuti bersama Idul Fitri 1440 Hijriyah.

1. Mengubah suasana tempat kerja

Tata letak meja yang kaku, cat tembok yang tidak pernah diperbarui, dan sirkulasi udara yang kurang baik merupakan faktor pemicu kebosanan di tempat kerja. Tata kembali ruang kerja di kantor sehingga menciptakan kesan suasana baru bagi karyawan. Dengan demikian karyawan akan merasa lebih nyaman dan semangat dalam kembali bekerja.

2. Berikan toleransi pada karyawan untuk bekerja secara perlahan

Setelah sekian lama liburan, pastinya banyak pekerjaan yang menumpuk dan menunggu untuk diselesaikan oleh karyawan. Di hari pertama bekerja karyawan akan tampak lebih lambat dalam mengerjakan pekerjaannya. Berikanlah toleransi pada karyawan anda, hal ini wajar karena saat ini karyawan masih terbawa suasana liburan kemarin. Sebagai catatan jangan menegur dengan keras saat kondisi karyawan anda sedang tidak bergairah karena hanya akan membuat masalah menjadi lebih runyam.

3. Susun rencana kegiatan yang menyenangkan

Sebagai HR sudah menjadi tanggungjawab anda untuk menjaga produktivitas karyawan. Setelah liburan cuti bersama Idul Fitri 1440 Hijriyah sebagian besar karyawan telah hilang semangat kerjanya. Untuk mengembalikan semangat kerja karyawan dapat dilakukan dengan menyusun rencana kegiatan yang menyenangkan. Bertepatan dengan Hari Raya Idul Fitri sangat tepat jika mengadakan acara halal bihalal bersama seluruh karyawan di kantor.

4. Motivasi dengan contoh sikap

Dalam struktur organisasi perusahaan, posisi HR berada diatas karyawan pada umumnya. Oleh karena itu segala sesuatu yang dilakukan oleh HR akan dicontoh oleh karyawan. Jangan harap karyawan anda berperilaku displin dan rajin jika anda sebagai HR justru bersikap sebaliknya. Berikan contoh yang baik kepada karyawan anda dengan bersikap positif dan tidak melakukan pelanggaran peraturan.

5. Membangun lingkungan kerja yang kondusif

Lingkungan kerja yang kondusif dapat meningkatkan semangat kerja bagi seluruh karyawan di kantor. Karyawan akan merasa lebih nyaman dalam bekerjasama dengan rekan-rekan kerja lainnya untuk bekerja mencapai target dan tujuan perusahaan. Ciptakan suasana yang tidak terlalu kaku dan mendukung untuk rasa kekeluargaan misalnya dengan mendengarkan instrumen musik.

Membangun lingkungan kondusif juga dapat dilakukan dengan memberikan kemudahan kepada karyawan dalam mengerjakan rutinitas pekerjaannya. Dengan menggunakan AbsenKu Profesional kebiasaan antre panjang di depan mesin absensi fingerprint akan hilang. AbsenKu Profesional memudahkan karyawan untuk melakukan absensi cukup dengan smartphonenya masing-masing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *