Tips Agar Lebih Percaya Diri di Kantor

tips agar percaya diri di kantor

Dalam dunia profesional, rasa percaya diri bisa turun saat kita melakukan kesalahan, atau tumbuh karena kita berhasil menjalankan tugas dengan baik. Kemana arah perkembangan rasa percaya diri ditentukan oleh banyak hal, seperti bagaimana cara kita merespon kritik, kemampuan belajar hal baru, serta keputusan yang kita ambil sehari-hari.

Menumbuhkan rasa percaya diri di tempat kerja itu bukan hal sulit, asalkan Anda menerapkan kebiasaan-kebiasaan ini.

Sampaikan pada orang lain apa target Anda

Percaya diri berawal dari niat. Beritahu orang di sekitar, bahwa Anda akan mengerjakan suatu proyek, kemudian bekerjalah untuk menyelesaikannya. Dengan menyatakan target Anda pada orang lain, Anda akan merasa lebih bertanggung jawab. Anda juga akan menumbuhkan kredibilitas serta wibawa di kantor. Namun, ingat, gagal menyelesaikan tugas bisa memberi dampak sebaliknya.

Biasakan berpendapat

Menyimpan ide hanya dalam pikiran tak akan membuat perubahan apapun, baik pada diri Anda maupun pada perusahaan Anda. Mulailah mencoba berpendapat dalam rapat, meski awalnya sulit tapi lama-lama Anda akan terbiasa. Jangan berpikir ide Anda pasti diterima. Berpikirlah bahwa setidaknya perusahaan mengetahui bagaimana Anda memandang masalah dalam proyek yang tengah Anda kerjakan. Jika memang masih belum sanggup mengutarakan pendapat secara langsung, aplikasi Absenku bisa membantu Anda. Tak hanya fitur pemantauan kehadiran karyawan secara real time, Absenku juga menyediakan ruang diskusi untuk semua elemen di perusahaan, sehingga keputusan untuk memajukan perusahaan dapat diambil dengan cepat.

Dengan mengutarakan isi pendapat, Anda bisa melihat bagaimana reaksi orang terhadap ide Anda, kemudian memperbaikinya bila perlu. Percayalah, orang yang tak mau menyampaikan pendapatnya tak akan berkembang, karena ia tak bisa menguji pemikirannya berguna atau tidak.

Tak mungkin kita tidak dikritik, biasakanlah

Terkadang kita mengalami serangan personal dari orang lain di tempat kerja, hal ini sangat biasa. Semua orang pernah mengalaminya. Komentar negatif seperti ini biasanya bertujuan merendahkan atau membuat Anda kehilangan rasa percaya diri

Otak kita memang cenderung lebih banyak berkutat pada komentar negatif daripada positif. Ketika ada kritik yang Anda tahu salah, tolaklah kritik itu dengan tegas. Jangan biarkan pikiran negatif tersisa dalam pikiran dan menghantui Anda.

Tak perlu merespon berlebihan dan memasukkannya dalam hati. Gunakan kritik itu sebagai bahan untuk introspeksi diri.

Terus tIngkatkan kemampuan Anda

Anda mungkin tidak memiliki rasa percaya diri karena merasa tidak punya kemampuan untuk mengerjakan suatu proyek. Coba cari informasi mengenai pelatihan yang mendukung tugas tersebut dan ajukan pada perusahaan.

Selain itu, Anda wajib banyak belajar. Baca berbagai buku atau bertukarlah pikiran dengan para ahli di bidang Anda. Dengan memahami beragam kasus di bidang Anda, Anda akan merasa lebih percaya diri. Namun, hati-hati, begitu Anda mulai tahu banyak hal, Anda bisa terjebak dalam sikap sok tahu. Selalu ingat bahwa di luar sana masih sangat banyak orang yang lebih pintar dari Anda.

Senyum

Senyum merupakan salah satu bentuk ekspresi positif. Membiasakan hal ini tanpa sadar akan memunculkan perasaan positif dalam diri Anda, termasuk rasa percaya diri.  Senyumlah dengan tulus dan tak perlu takut akan mendapat respon buruk. Sapalah kolega Anda di kantor dengan senyum dan tanyakan kabar mereka. Mengetahui lebih banyak tentang apa yang terjadi di kantor akan mendorong Anda untuk bersikap lebih baik, dan Anda perlu tahu, rasa positif itu akan menular. Sebuah hal kecil semudah tersenyum bisa membawa dampak luas bagi suasana di kantor Anda.

Berjalanlah dengan tegap

Cara Anda bergerak di lingkungan kantor bisa berpengaruh terhadap mood. Datanglah ke ruang meeting dengan tegap serta bergeraklah dari satu tempat ke tempat lain secara bersemangat. Orang lain akan merasakan energi yang ada dalam diri Anda, dan Anda akan merasa lebih mantap dalam mengerjakan tugas.

Bergaul dengan orang-orang yang tepat

Lebih banyaklah bergaul dengan orang-orang yang bisa menumbuhkan rasa semangat. Mendekatlah pada orang-orang yang menghargai usaha, atau bahkan menyadari hal-hal kecil yang Anda lakukan. Bila Anda bergaul dengan orang yang terlalu banyak mengkritik dan berkomentar tentang apapun, lambat laun Anda juga akan menjadi pribadi yang dilingkupi perasaan negatif.

***

Rasa percaya diri harus terus dikelola dengan baik. Memilikinya terlalu banyak akan membuat Anda arogan sehingga gagal mengantisipasi risiko, tapi jika terlalu sedikit, akan membuat Anda takut mengambil risiko sehingga kehilangan kesempatan terbaik.

Rasa percaya diri sama pentingnya dengan kemampuan, jadi jangan anggap remeh bila Anda punya masalah terhadap kepercayaan diri. Coba biasakan hal di atas, selesaikan tugas dengan baik, dan tumbuhkan kembali rasa percaya diri Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *