Pentingnya Keberagaman Sosial Budaya dalam Perusahan

Keberagaman Sosial Budaya

Indonesia dikenal sebagai negara multikultural yang memiliki sekitar 1.340 suku bangsa dan 300 kelompok etnis dengan latar belakang budaya, agama, norma, dan nilai yang beragam. Keberagaman ini menyebabkan perbedaan pada sudut pandang personal, karakter, sifat, dan sopan santun. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi setiap perusahaan yang membuka bisnisnya di wialayah Indonesia. Memperkejakan karyawan dengan latar belakang yang beragam dalam satu perusahaan memiliki kesulitan tersendiri bagi setiap perusahaan.

Berdasarkan hasil survei “Gaji Karyawan di Asia” versi Michael Page 2017 dan Employment Outlook, perusahaan yang mendukung keberagaman di China, Hong Kong, Indonesia, Malaysia, Taiwan, dan Singapura hanya 44%, sedangkan selebihnya masih mempekerjakan karyawan dengan etnis tertentu. Kebanyakan perusahaan tersebut masih takut dengan kerumitan dalam melakukan manajemen karyawan jika mempekerjakan berbagai etnis.

Keberagaman dalam perusahaan sekarang ini menjadi hal yang sangat penting. Seringkali perusahaan hanya mempekerjakan karyawan yang mampu memenuhi operasi dan produktivitas saja. Namun pentingnya keberagaman lebih dari itu, keberagaman dalam perusahaan akan memancing terbentuknya ide-ide cemerlang yang berasal dari hasil diskusi panjang karyawan dengan latar belakang yang berbeda. Forbes melalui penelitiannya membenarkan hal ini, keberagaman mendorong munculnya inovasi dan menjadi komponen penting dari kesuksesan sebuah platform global.

Keuntungan yang diperoleh perusahaan jika mempekerjakan karyawan dengan latar belakang yang beragam diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Meningkatkan kemampuan adaptasi – memberikan solusi pada permasalahan bisnis perusahaan anda serta meningkatkan kemampuan adaptasi perusahaan pada berbagai kondisi ekonomi dan pasar.
  2. Sudut pandang yang beragam – mempekerjakan karyawan dengan latar belakang beragam akan memberikan pandangan yang berbeda-beda terhadap suatu permasalahan. Jika keberagaman sudut pandang yang beragam ini dipadupadankan dengan tepat akan mendukung terbentuknya inovasi dan kreatifitas.
  3. Cakupan layanan yang lebih luas – keberagaman karyawan dapat meningkatkan kemampuan perusahaan dalam menguasai pasar di berbagai wilayah. Jika perusahaan hanya mempekerjakan karyawan dari etnis tertentu saat menjalankan ekspansi pasar dipastikan akan terkendala dengan perbedaan budaya di wilayah tersebut.
  4. Keterampilan yang beragam – memiliki keterampilan yang beragam untuk satu bidang pekerjaan memudahkan pemerataan ketenagakerjaan, meningkatkan alokasi sumber daya dan mendorong pelatihan lintas keterampilan.

Keberagaman menjadi suatu subjek kompleks yang sulit diterima karena setiap individu cenderung lebih sulit untuk bekerja bersama dengan orang yang memiliki latar belakang budaya berbeda. Namun, satu hal yang perlu diingat bahwa keberagaman bukanlah merupakan kelemahan. Perusahaan-perusahaan yang sukses karena telah mempekerjakan karyawan dengan latar belakang beragam dan berbagai hasil penelitian ilmiah kian menegaskan hal ini. Jadi apakah anda masih ragu untuk membentuk keberagaman di perusahaan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *