Pentingnya Memiliki Sikap Disiplin Kerja

Ada banyak cara untuk mencapai kesuksesan dalam berkarir, salah satu yang paling penting adalah dengan membangun sikap disiplin kerja. Membangun sikap disiplin kerja membuat kita lebih terorganisir dan membawa nilai-nilai yang baik dalam lingkungan kerja.

Namun, tidak semua orang bisa dengan mudah menerapkan sikap disiplin kerja, mulai dari tidak menepati janji, hingga tidak berkomitmen pada apa yang dikerjakan.

Ada beberapa kiat agar kita terbiasa untuk melaksanakan pekerjaan dengan disiplin.

Jangan bergantung pada orang lain

Sikap disiplin yang dimaksud di sini bukan hanya seputar pekerjaan, tapi dalam segala kebiasaan yang kita lakukan. Karena itu semuanya bisa dimulai dengan komitmen untuk kebiasaan pribadi yang kita miliki.

Misalnya dengan mengawali bersikap disiplin terhadap kesehatan fisik, jaga pola makan dan lakukan olahraga secara rutin untuk membentuk pola hidup sehat. Selalu penuhi pikiran dengan hal-hal positif, dan perhatikan kata-kata yang kita ucapkan.

Tentukan prioritas agar memiliki sisa waktu di akhir hari

Susun daftar pekerjaan mulai dari yang sulit untuk dikerjakan. Cara ini efektif untuk menyelesaikan seluruh pekerjaan sesuai jadwal, dan tak ada waktu yang terbuang dengan percuma.

Rasa malas dan jenuh di tengah pekerjaan mungkin sering terjadi. Namun, sebaiknya hindari menghentikan pekerjaan saat belum sepenuhnya selesai. Isitirahat sejenak lalu lanjutkan kembali pekerjaan hingga benar-benar selesai. Dengan begitu, Anda akan memiliki sisa waktu di akhir hari untuk bersantai.

Tentukan target dan pikirkan strateginya dengan tenang

Setiap pekerjaan yang dilakukan tentu memiliki target atau tujuan. Penting untuk diketahui, pilih waktu di mana kita bisa tenang dan fokus dalam menentukan strategi jangka pendek maupun jangka panjang untuk mencapai tujuan tersebut. Jangan menentukan strategi saat pikiran Anda kalut.

Saat menetapkan target, bayangkan momen saat Anda sukses mencapainya. Dengan cara ini, Anda akan memiliki motivasi dan lebih maksimal dalam mencapai target.

Buang kebiasaan mengkambing hitamkan orang

Orang akan melihat tingkat kedewasaan Anda, salah satunya saat melakukan kesalahan. Beberapa orang memilih untuk mencari-cari alasan atau kambing hitam atas kesalahannya alih-alih langsung meminta maaf. Mengakui kesalahan adalah salah satu bentuk sikap disiplin kerja. Cukup akui kesalahan Anda, minta maaf dan berikan solusi atas kelalaian yang telah dilakukan.

Bangun lingkungan kerja yang kondusif

Setelah memulai dari diri sendiri, hal yang penting berikutnya adalah lingkungan kerja Anda. Lingkungan juga berperan penting membangun sikap disiplin kerja. Akan menjadi godaan besar saat Anda sudah disiplin, tapi rekan kerja Anda kurang disiplin dan tidak mendapat teguran apapun dari atasan.

Untuk masalah waktu kehadiran di kantor, perlu adanya teknologi yang mampu memonitor dan mengarsipkan waktu kedatangan, pulang, maupun jumlah kehadiran secara cepat, mudah, dan tentu saja valid. Sistem semacam ini dapat membantu membangun lingkungan kerja yang kondusif bagi siapapun yang berkomitmen untuk memiliki sikap disiplin kerja.

Akan lebih mudah jika perusahaan Anda memiliki sistem absensi digital yang valid seperti aplikasi Absenku.

Absenku merupakan aplikasi absensi berbasis cloud yang memungkinkan setiap anggota tim melakukan absensi secara digital. Tak terbatas tempat dan alat, aplikasi AbsenKu Profesional dapat digunakan di manapun (di tempat yang diperbolehkan perusahaan) dan juga tanpa alat scanner tambahan, cukup dengan smartphone saja, semua anggota tim bisa melakukan absensi.

Tak hanya itu saja, aplikasi AbsenKu Profesional juga bisa dimanfaatkan untuk mengelola data cuti dan jam lembur karyawan. Sehingga seluruh data absensi, cuti maupun lembur karyawan akan terkumpul secara jelas dan akurat.

Karyawan bisa memantau performa mereka sendiri, mulai dari kedisiplinan masuk kerja, kapan mereka ambil cuti dan berapa lama waktu mereka untuk lembur. HRD akan lebih mudah mengontrol absensi karyawan, meng-acc pengajuan cuti, mendata lembur karyawan tanpa harus repot dan banyak lagi.

Pimpinan pun dapat menggunakan AbsenKu Profesional untuk mengecek seluruh data karyawan. Sehingga dari data tersebut dia berhak menentukan, manakah karyawan yang berhak mendapat apresiasi dan mana yang berhak mendapat teguran secara adil.

Pimpinan bahkan bisa memantau seluruh data performa kinerja karyawan secara real time di manapun dia berada tanpa terpaku pada alat yang meribetkan. Cukup dengan satu genggaman saja lewat AbsenKu Profesional, kerja pimpinan akan jadi lebih praktis dan efisien.

***

Seseorang dengan sikap disiplin biasanya selalu tepat janji dan dipercaya banyak orang. Selain itu, pekerja yang disiplin cenderung memiliki komitmen tinggi  atas segala sesuatu yang dikerjakan. Dengan sikap seperti ini, atasan dan rekan kerja akan menilai kita sebagai pekerja yang profesional dan bisa menilai bahwa kita layak mendapat bayaran tinggi.

Orang yang disiplin juga cenderung maksimal ketika melakukan sesuatu, sehingga tak ada pekerjaan yang terlantar dan hasil pekerjaan pun akan maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *