Anda Termasuk Tipe Yang Mana Ketika Menghadapi Masalah?

Masalah memang sejatinya tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia, baik itu pria atau wanita, anak-anak atau orang tua, kaya atau miskin. 

Masalah bisa datang kapan saja dan dimana saja, pun permasalahan akan menghampiri kita untuk sesuatu hal yang sudah kita rencanakan. Untuk itu kita harus siap untuk menghadapi segala masalah, bukan menghindarinya, karena menghindari masalah tidak akan pernah menjadi solusi untuk permasalahan tersebut.

Bagaimana reaksi kita ketika dihadapkan dengan suatu masalah adalah kunci. Apakah kita termasuk golongan yang reaktif, atau kita termasuk golongan yang reseptif ?

Reaktif

Orang yang masuk golongan reaktif akan menganggap masalah sebagai ancaman sehingga membuat dirinya tidak fokus dan gelisah, bahkan sampai mempengaruhi waktu istirahatnya sebelum masalah tersebut terselesaikan. orang dengan golongan ini mudah stress, emosi labil, dan mudah tertekan ketika dihadapkan pada permaslahan, mereka akan cenderung untuk melakukan apa saja untuk dapat segera terbebas dari masalahnya.

Reseptif

Berbeda dengan reaktif, orang yang masuk golongan ini akan menganggap masalah sebagai suatu hal yang wajar terjadi, dengan begitu mereka akan selalu siap dalam menghadapi masalah dengan semua kemampuan yang mereka miliki, karena mereka meyakini semua permasalahan ada solusinya. orang dengan tipe ini akan berfokus pada solusi atas permasalahan tersebut bukan pada masalah itu sendiri, ataupun hal-hal lainnya yang justru akan membuat masalah tersebut semakin rumit.

Silahkan anda melihat masuk kategori yang mana anda ketika menghadapi masalah? Jika anda masuk ke golongan yang reaktif, perbaiki dengan cara diawal meyakini bahwasanya semua masalah ada jalan keluarnya, dan belajar menemukan kendali diri ketika menghadapi masalah, dan yakinlah masalah yang kita hadapi adalah sesuai dengan kapasitas kita masing-masing.

Di dunia kerja yang syarat dengan persaingan, baik internal maupun eksternal, personal maupun profesional, timbulnya permasalahan adalah sangat mungkin terjadi. Untuk meminimalisir timbulnya permasalahan, ada tools untuk mengelola karyawan, dengan teknologi yang canggih, sehingga membantu pengelolaan dengan mudah, cepat, instant, akurat, dan real time. Mudahkan pekerjaan anda dengan berlangganan Absenku Profesional sekarang. Klik link berikut untuk informasi lebih lanjut >> Berlangganan Absenku Profesional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *