6 Cara Meredam Emosi Karyawan Setelah Dimarahi Atasan

cara meredam emosi

Karyawan juga merupakan seorang manusia biasa yang tak bisa lepas dari berbagai jenis kesalahan. Seorang pimpinan harusnya mampu memahami kondisi ini sepanjang kesalahan tersebut masih dalam batas wajar. Namun sayangnya tidak semua pimpinan memiliki pemikiran demikian, tak jarang hanya karena kesalahan kecil sang karyawan akan habis dimarahi.

Secara naluri tak ada seorang pun yang ingin melakukan kesalahan dan menjadi biang masalah. Seorang karyawan yang dimarahi oleh pimpinan atas kesalahannya, pada saat itu ada ego di dalam hati yang terluka dan perasaan direndahkan yang membuat emosi negatif mudah tersulut. Suasana hati menjadi sangat kacau dan hilang semangat untuk bekerja.

Sebagai wali karyawan di kantor, seorang HRD dituntut untuk mampu menguasai kondisi ini agar tak berujung pada penurunan produktivitas perusahaan. HRD harus mampu meredam emosi dan mengembalikan semangat kerja seorang karyawan. Sebagai bentuk panduan awal, berikut telah disajikan beberapa tips untuk meredam emosi karyawan setelah dimarahi pihak atasan.

1. Membuat suasana hati menjadi tenang

Terkadang kemarahan yang ditunjukkan oleh pimpinan turut serta membuat karyawan terbawa emosi. Setelah anda tahu bahwa sang karyawan dimarahi oleh pimpinannya, segeralah hampiri dan buat dia merasa tenang. Duduklah bersamanya dan berikan segelas air untuk mengembalikan suasana hati yang kacau.

2. Pahami akar masalah

Tak ada asap jika tidak api. Setelah sekiranya suasana hati karyawan menjadi lebih tenang dan mampu berpikir dingin, cobalah ajak dia bicara baik-baik terkait hal-hal apa saja yang membuat pimpinannya menjadi marah. Pahami akar permasalahannya dan berikan solusi penyelesaiannya. Dalam kondisi semacam ini, sebisa mungkin tempatkan diri anda di posisi sebagai teman bukan HRD. Sangat sulit bagi karyawan untuk menceritakan permasalahannya jika anda masih menempatkan diri anda sebagai HRD yang seolah-olah punya hak atas kehidupan kerja karyawan di kantor.

3. Alihkan emosi

Memang bukanlah perkara mudah untuk meredam emosi yang sedang meluap-luap. Meskipun sulit bukan berarti tidak bisa dilakukan bukan? Karyawan yang dimarahi pimpinan seringkali mengalami demotivasi bekerja, jika terus dibiarkan akan berdampak pada penurunan produktivitas perusahaan. Anda bisa mencoba meredam emosi karyawan dengan mengalihkan kepada hal-hal lainnya yang lebih menyenangkan. Misalnya dengan mengajaknya makan siang bersama, nonton film, atau membicarakan hal-hal menyenangkan .

4. Gunakan humor

Memang bercanda diwaktu yang tidak tepat hanya akan membuat masalah kian menjadi-jadi. Namun tahukah anda bahwa humor-humor ringan selalu dapat sedikit mengatasi ketegangan. Hindari sarkasme karena hanya akan melukai perasaan orang lain dan membuat hal-hal buruk buruk terjadi dan justru menjadikan permasalahan baru. Gunakan humor seperlunya untuk menurunkan ketegangan.

5. Mencari udara segar

Saat emosi sedang meluap-luap udara disekitar akan terasa pengap dan hal kecil pun dapat menjadi masalah serius. Saat seperti ini sangat dianjurkan untuk mencari udara segar dan meninggalkan situasi maupun orang-orang yang memicu emosi negatif. Ajaklah karyawan anda sejenak untuk meninggalkan ruangannya, misalnya dengan berjalan menuju minimarket atau taman perusahaan. Sembari berjalan ajaklah bicara hal-hal menyenangkangkan agar ia melupakan kejadian tak mengenakkan yang baru saja dialaminya.

6. Introspeksi

Memang bukanlah hal mudah memberikan nasehat kepada orang yang emosinya tidak stabil. Namun hal ini penting dan harus dilakukan untuk meningkatkan kinerja karyawan kedepannya. Setelah dirasa karyawan menjadi tenang dan bisa berpikir dengan kepala dingin, ajaklah dia berbicara santai menanyakan apakah kesalahannya hingga membuat pimpinan menjadi marah. berikan nasehat secara halus untuk memperbaiki diri agar tidak mengulangi kesalahan yang sama.

Mengelola manajemen karyawan memang bukanlah perkara yang mudah untuk dilakukan. Namun dengan kecanggihan teknologi saat ini telah hadir Absenku Profesional yang akan membantu anda dalam mengelola manajemen karyawan secara mudah, cepat, instant, akurat, dan real time. Mudahkan pekerjaan anda dengan berlangganan Absenku Profesional sekarang. Klik link berikut untuk informasi lebih lanjut >> Berlangganan Absenku Profesional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *