5 Hal Ini Akan Membuat Atasan Tak Keberatan Menaikkan Gaji Anda

tips minta naik gaji

Meminta kenaikan gaji butuh strategi negosiasi khusus untuk memenangkannya, Anda perlu mempertimbangkan hal-hal seperti persiapan yang cukup, timing yang tepat, dan perilaku yang positif.

Namun, sebelum itu Anda perlu memastikan bahwa aspek-aspek kecil di bawah ini sudah Anda terapkan. Sudahkah Anda memenuhi semuanya?

Talk less, do more!

Anda dipekerjakan untuk memenuhi sederet tanggung jawab dan target yang tertera di kontrak kerja. Bila Anda konsisten memenuhi apa yang diharapkan dari Anda dan mampu melakukan apa yang Anda janjikan, percayalah kalau atasan Anda nantinya akan kesulitan untuk menolak permintaan Anda.

Ingat, apresiasi akan mengikuti aksi.

Disiplin

Jika Anda bukan seorang yang memiliki prestasi ‘wow’, seperti mencapai target 1 tahun dalam 6 bulan saja, kedisiplinan Anda adalah kunci berikutnya untuk mendapat kenaikan gaji.

Mengambil cuti sewajarnya, datang tepat waktu, lembur jika dibutuhkan, maka Anda masuk dalam radar atasan.

Akan lebih mudah jika perusahaan Anda memiliki sistem absensi digital yang valid seperti aplikasi Absenku.

Absenku merupakan aplikasi absensi berbasis cloud yang memungkinkan setiap anggota tim melakukan absensi secara digital. Tak terbatas tempat dan alat, aplikasi AbsenKu Profesional dapat digunakan di manapun (di tempat yang diperbolehkan perusahaan) dan juga tanpa alat scanner tambahan, cukup dengan smartphone saja, semua anggota tim bisa melakukan absensi.

Tak hanya itu saja, aplikasi AbsenKu Profesional juga bisa dimanfaatkan untuk mengelola data cuti dan jam lembur karyawan. Sehingga seluruh data absensi, cuti maupun lembur karyawan akan terkumpul secara jelas dan akurat.

Karyawan bisa memantau performa mereka sendiri, mulai dari kedisiplinan masuk kerja, kapan mereka ambil cuti dan berapa lama waktu mereka untuk lembur. HRD akan lebih mudah mengontrol absensi karyawan, meng-acc pengajuan cuti, mendata lembur karyawan tanpa harus repot dan banyak lagi.

Pimpinan pun dapat menggunakan AbsenKu Profesional untuk mengecek seluruh data karyawan. Sehingga dari data tersebut dia berhak menentukan, manakah karyawan yang berhak mendapat apresiasi dan mana yang berhak mendapat teguran secara adil.

Pimpinan bahkan bisa memantau seluruh data performa kinerja karyawan secara real time di manapun dia berada tanpa terpaku pada alat yang meribetkan. Cukup dengan satu genggaman saja lewat AbsenKu Profesional, kerja pimpinan akan jadi lebih praktis dan efisien.

Bukan pribadi yang bermasalah

Bermasalah di sini berarti Anda tidak pernah tersangkut perkara dengan kolega, tidak sering ketinggalan deadline, atau sering tidak hadir tanpa alasan yang jelas. Jika keberadaan Anda di perusahaan saja sudah disruptif, alih-alih memberi Anda kenaikan gaji, berharaplah semoga Anda tidak diomeli atasan.

Jadikan diri Anda sebagai aset berharga

‘Permak’ diri Anda sehingga atasan Anda akan melakukan apa saja untuk membuat Anda tetap betah di perusahaannya. Kalau Anda tidak ada, anggota tim dan atasan Anda bisa-bisa langsung panik. Caranya? Terus belajar, terus berkembang dengan mengikuti tren dan informasi terbaru dalam pergerakan industri Anda. Satu atau dua keahlian yang Anda pelajari juga akan menambah nilai jual Anda. Bonusnya, jika Anda tidak merasa potensi dan kemampuan Anda dihargai di perusahaan ini, Anda tidak perlu khawatir tidak diminati di pasaran karier.

Lakukan persiapan matang

Selalu arsipkan pencapaian Anda dengan rapi sehingga saat Anda meminta kenaikan gaji, cukup sajikan data dan bukti-bukti mengapa Anda pantas diberi kenaikan gaji. Hal ini paling tidak menunjukkan perhatian Anda pada detil dan dedikasi Anda terhadap perusahaan serta kemajuan karier Anda. Atasan yang kompeten setidaknya akan mulai mengingat Anda sebagai karyawan yang pantas untuk diperhatikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *