3 Teknologi Digital yang Membantu Karyawan Lebih Produktif di Kantor

teknologi perusahaan

Saat ini dunia telah masuk pada era teknologi digital dimana segala sesuatunya telah terintegrasi dengan teknologi. Masuknya era digital ini secara perlahan mulai mengubah setiap sendi kehidupan manusia, termasuk cara bekerja. Perlahan tapi pasti teknologi digital mulai mengubah cara bisnis dan perusahaan beroperasi. Bukan dihindari, setiap organisasi yang menginginkan perusahaannya terus berkembang dan mampu bersaing di pasar bebas diharuskan mampu beradaptasi dengan teknologi digital.

HR Profesional sebagai penanggungjawab karyawan di kantor dituntut untuk mampu berpikiran maju dan mulai membiasakan karyawannya pada berbagai teknologi digital. Kemajuan teknologi termasuk teknologi digital ini perlu dimanfaatkan untuk mempermudah pekerjaan. Dalam hal ini HR harus bisa memposisikan sebagai pemimpin yang membawa perubahan pada perusahaan. HR wajib menerima perubahan dan menghindari mengurung diri dengan hanya melakukan cara-cara lama dalam pekerjaan.

Dalam artikel ini akan dibahas tiga teknologi digital dalam pekerjaan dan dampaknya terhadap bisnis, serta alasan pentingnya HR untuk mulai menerima teknologi ini kedepannya.

1. Teknologi Mobile

Economist Intelligence Unit melalui penelitiannya mengungkapkan bahwa teknologi mobile membantu perusahaan meningkatkan loyalitas, kreativitas, kepuasan, dan produktivitas karyawan. Karyawan dari perusahaan yang menggunakan teknologi mobile memiliki indeks loyalitas 16%, kreativitas 18%, kepuasan 23%, dan produktivitas 16% lebih tinggi dibandingkan karyawan dari perusahaan yang tidak menggunakan teknologi mobile. Sadar atau tidak kini teknologi mobile telah mentransformasi cara menjalankan sebuah bisnis menjadi lebih baik.

Sangat penting bagi profesional HR untuk menggunakan teknologi mobile di perusahaannya untuk meningkatkan daya saing perusahaan. Teknologi mobile akan memudahkan karyawan memenuhi target-target pekerjaan hariannya. Teknologi mobile seperti AbsenKu Profesional dapat menjadi solusi tepat untuk permasalahan manajemen karyawan. AbsenKu Profesional lebih efektif daripada penggunaan mesin absensi fingerprint karena bekerja secara realtime, akurat, dan instant. Sifatnya yang cloud yang dapat diinstal di smartphone memungkinkan absensi dapat dilakukan dimana saja, dan pihak manajerial dapat memantau karyawannya cukup melalui smartphone

2. Media Sosial

Media Sosial membawa era baru dalam transparansi bisnis dimana baik antara karyawan dan pihak manajerial dapat berbagi informasi lebih mendalam terkait urusan pekerjaan dan kondisi perusahaan. Sosial media adalah salah satu bentuk yang telah mengubah cara penyebaran informasi menjadi lebih mudah. Melalui media sosial seorang karyawan dapat dengan mudah menyuarakan ide atau pendapatnya untuk kemajuan perusahaan.

Seorang profesional HR harusnya memiliki kemampuan untuk menggunakan media sosial untuk membangun eksistensi perusahaan yang dapat dilakukan dengan membentuk ikatan hubungan baik dengan mitra atau konsumen. Sosial media juga dapat dimanfaatkan sebagai tempat untuk memonitor rival perusahaan, dan untuk tetap mengikuti berita maupun tren yang terjadi di dunia industri.

3. Cloud Computing

Cloud telah menjadi tren di dunia IT beberapa dekade terakhir. Sebagai platform yang menawarkan layanan jasa computing melalui internet teknologi ini dengan cepat berevolusi dan memberikan dampak positif bagi sebagian besar departemen di perusahaan secara virtual. International Data Corporation mengungkapkan bahwa pengeluaran biaya untuk layanan cloud tahun 2018 mencapai US$ 150 miliar, meningkat 23.2% dari tahun 2017.

Memanfaatkan layanan cloud akan mempermudah HR untuk mengakses data karyawan karena seluruh data perusahaan telah tersentralisasi. Data HR dan informasi penting sekarang lebih mudah diakses oleh karyawan, menjembatani celah antara HR dan departemen lainnya. Hal ini juga berpotensi meningkatkan pengalaman karyawan, sehingga akan terjalin ikatan yang kuat antara karyawan dengan perusahaan. Saat ini layanan cloud tersedia dengan harga yang terjangkau sehingga investasi untuk teknologi ini pun akan semakin menguntungkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *