Mewujudkan Tempat Kerja yang Cerdas, Bagaimana Caranya?

tempat kerja yang cerdas

Perkembangan teknologi membawa perubahan besar di banyak bidang, termasuk di dunia kerja. Sebuah survei enterprise telah dilakukan oleh Asia Business Platform pada awal tahun ini menyingkapkan sejumlah data yang menggembirakan. Survei ini menunjukkan bahwa transformasi digital semakin meluas di perusahaan-perusahaan Indonesia dan saat ini terdata sudah 91,1% persen perusahaan yang melakukan transformasi digital.

Perusahaan sudah menyadari keperluan untuk memahami dan fasih teknologi agar dapat selamat di tengah evolusi pegawai dan pasar. Kebutuhan untuk menjalani transformasi digital menjadi prioritas pemimpin bisnis.

Membangun tempat kerja yang cerdas bukan hanya tentang berinovasi

Transformasi digital memang tengah menjadi tren. Namun, bagaimana sebetulnya langkah awal yang perlu dilakukan untuk melakukan perubahan tersebut?

Hal pertama yang perlu disadari para pemimpin perusahaan adalah dengan membangun tim yang penuh daya saing.

Untuk mendapatkan daya saing dan menjadi yang terdepan di tren ini, perusahaan perlu berusaha keras. Tak sekadar mencari cara memenuhi kebutuhan menjadi ‘digital’, tapi juga kebutuhan untuk menjadi perusahaan yang cerdas. Masih dari sumber yang sama dengan penelitian di awal pembahasan, studi menunjukkan lebih dari 50% pegawai berharap dapat bekerja di tempat kerja yang cerdas dalam lima tahun ke depan.

Bagaimanakah kriteria sebuah tempat disebut sebagai tempat kerja yang cerdas itu? Tempat kerja yang cerdas lebih mengedepankan produktivitas melalui kolaborasi dengan memanfaatkan teknologi.

Perusahaan wajib berinvestasi di teknologi yang dapat memberdayakan tenaga kerja jika mereka ingin tetap kompetitif dan menarik tenaga kerja terbaik.

Yang perlu diingat, menjadi ‘cerdas’ bukan hanya tentang inovasi semata. Solusi bisnis yang cerdas tak sekadar melakukan gebrakan di awal, tapi juga mampu mengatasi kesulitan sistem yang sudah ada. Kantor atau tempat kerja yang cerdas biasanya memiliki sistem terintegrasi dengan banyak perangkat dan layar yang bekerja bersamaan, sehingga dapat membebaskan pegawai secara intuitif, efisien, dan aman, dari kesulitan teknologi, dan mereka pun bisa fokus mengerjakan tugas yang lebih penting.

Misal, urusan seperti rekapitulasi jumlah kehadiran pegawai, jam kedatangan, pulang, maupun izin cuti, tidak menjadi aktivitas yang menghabiskan waktu. Biarkan semuanya berjalan serba otomatis, cepat dan akurat dengan memanfaatkan teknologi.

AbsenKu Profesional mampu menjadi solusi terbaik bagi keterbukaan sistem di perusahaan Anda.

AbsenKu Profesional merupakan aplikasi absensi berbasis cloud yang memungkinkan setiap anggota tim melakukan absensi secara digital. Tak terbatas tempat dan alat, aplikasi AbsenKu Profesional dapat digunakan di manapun (di tempat yang diperbolehkan perusahaan) dan juga tanpa alat scanner tambahan, cukup dengan smartphone, semua anggota tim bisa melakukan absensi.

Tak hanya itu saja, aplikasi AbsenKu Profesional juga bisa dimanfaatkan untuk mengelola data cuti dan jam lembur karyawan. Sehingga seluruh data absensi, cuti maupun lembur karyawan akan terkumpul secara jelas dan akurat.

Karyawan bisa memantau performa mereka sendiri, mulai dari kedisiplinan masuk kerja, kapan mereka ambil cuti dan berapa lama waktu mereka untuk lembur. HRD akan lebih mudah mengontrol absensi karyawan, menyetujui pengajuan cuti, mendata lembur karyawan tanpa harus repot dan banyak lagi.

Pimpinan pun dapat menggunakan AbsenKu Profesional untuk mengecek seluruh data karyawan. Sehingga dari data tersebut dia berhak menentukan, manakah karyawan yang berhak mendapat apresiasi dan mana yang berhak mendapat teguran secara adil.

Pimpinan bahkan bisa memantau seluruh data performa kinerja karyawan secara real time di manapun dia berada tanpa terpaku pada alat yang meribetkan. Cukup dengan satu genggaman saja lewat AbsenKu Profesional, kerja pimpinan akan jadi lebih praktis dan efisien.

Pentingnya mewujudkan kolaborasi di semua lapisan perusahaan

Memiliki tempat kerja yang cerdas sangatlah penting karena merupakan kunci untuk mendorong kolaborasi intelijen dan memperkuat mobilitas tenaga kerja.

Bisnis di dunia digital saat ini sangat membutuhkan kolaborasi antar lini untuk berhasil. Kantor yang cerdas membantu untuk mendorong kolaborasi ini, yang dapat memberikan dampak signifikan pada semua lapisan di perusahaan.

Rapat tak selalu harus tatap muka. Sebagai pemimpin perusahaan, Anda harus memunculkan budaya rapat-rapat antar divisi yang lebih cerdas. Solusi rapat yang cerdas misal dengan memastikan ruangan tersebut mudah digunakan, termasuk dalam hal mengkoneksikan peserta rapat yang berada di luar daerah untuk terlibat. Anda juga perlu menyusun agenda rapat yang simpel dan fokus, sehingga peserta rapat pun memiliki lebih banyak waktu untuk bertukar ide. Jika hal tersebut berjalan lancar, rapat antar divisi dapat menelurkan hasil yang maksimal. .

Dengan arus tenaga kerja yang telah mengglobal, sebuah tempat kerja cerdas bukan hanya sebuah ruang fisik. Tempat kerja bisa jadi online, kapan pun, di mana pun, dan dengan siapa pun.

Saat perusahaan Anda masuk ke era cerdas, Anda akan lebih fokus mengarah ke aplikasi dan perangkat lunak. Namun perusahaan perlu ingat bahwa perangkat keras juga penting dalam evolusi kantor cerdas.Perangkat keras dan perangkat lunak perlu sama-sama efektif. Perusahaan perlu berinvestasi di perangkat yang mengutamakan fleksibilitas, konektivitas, dan keamanan tanpa meninggalkan performa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *