Menghargai Karyawan, Salah Satu Kunci Mengembangkan Perusahaan

menghargai karyawan

Benar bahwa tiap karyawan harus bertanggung jawab atas pekerjaannya karena mereka dibayar untuk itu. Namun, bukan berarti dengan menggaji mereka artinya Anda sudah memberi mereka semuanya.

Ada banyak faktor yang berpengaruh pada tingkat produktivitas dan kebahagiaan karyawan, salah satu yang memiliki peran vital adalah adanya perhatian positif dari jajaran manajemen atau bahkan pemilik perusahaan.

Perhatian bisa diwujudkan dalam banyak hal. Gaji bukan bentuk perhatian, itu adalah kewajiban perusahaan. Lalu, apa lagi selain gaji?

Ada pengakuan, penghargaan, dan apresiasi yang bisa membuat karyawan merasa perusahaan melihat mereka sebagai ‘manusia’. Hal-hal tersebut akan menghasilkan optimisme dan kepercaan karyawan pada perusahaan yang berujung terjaganya suasana yang positif di kantor.

Jika Anda merasa perusahaan Anda sekarang belum memiliki omset tinggi, tapi memiliki karyawan-karyawan yang membuat suasana di kantor menjadi positif, percayalah bahwa perusahaan Anda memiliki kesempatan menjadi jauh lebih besar. Asal, Anda mampu menjaga suasana positif tersebut.

Jika sekarang ini perusahaan Anda sedang mengalami kejayaan di mana seolah semua pelanggan tidak akan hilang dalam waktu dekat, tapi suasana di kantor terasa negatif -banyak orang mengeluh karena pekerjaannya atau lebih banyak muka tertekuk daripada yang tersenyum, Anda perlu segera berbenah.

Sebetulnya, seberapa penting pengakuan, penghargaan, dan apresiasi bagi karyawan? Kami coba paparkan.

Membuat karyawan merasa ‘dimanusiakan’

Jika Anda dapat membaca artikel ini sekarang, kami yakin sepenuhnya Anda adalah manusia, pun karyawan Anda.

Berbeda dengan mesin yang hanya butuh perawatan, mempekerjakan manusia butuh lebih dari itu. Apresiasilah yang membedakannya.

Karyawan butuh pengakuan. Mereka ingin bisa merasa bangga pada apa yang mereka kerjakan. Mereka perlu tahu apakah kinerja mereka berpengaruh signifikan bagi perusahaan. Para pemimpin perusahaan perlu memberikan kepedulian yang cukup tentang hal itu.

Berikan apresiasi secara spesifik, bukan sekadar ‘terima kasih’ untuk berbasa-basi. Jelaskan ucapan terima kasih Anda untuk hal apa. Jika ucapan Anda terdengar tulus, mereka akan tahu bahwa mereka telah melakukan pekerjaan bagus sehingga terus termotivasi menghasilkan pekerjaan yang lebih baik lagi seterusnya.

Menumbuhkan rasa percaya diri dalam menangani pelanggan

Memberikan apresiasi terhadap kinerja dan prestasi tenaga kerja dapat menjaga loyalitas karyawan pada perusahaan, terutama setelah mereka menyelesaikan satu hal. Tak harus menunggu proyek besar, proyek-proyek yang menurut Anda hanya memberikan ‘receh’ bagi pemasukan perusahaan pun layak Anda beri penghargaan.

Sekecil apapun pemasukan tersebut, karyawan Anda telah melakukan yang terbaik untuk memuaskan pelanggan.

Penghargaan yang Anda berikan membuat mereka lebih percaya diri dalam menangani pelanggan berikutnya. Mereka tahu bahwa perusahaan ‘melihat’ mereka sehingga mereka pun akan memberikan yang terbaik.

Meningkatkan kebahagiaan karyawan

Pada dasarnya, tak ada orang yang akan bertahan di tempat yang membuat mereka tidak bahagia.

Contoh kecilnya, Anda tak perlu menginterogasi salah seorang karyawan yang telah bekerja memenuhi standar yang diterapkan perusahaan, hanya kerena ia meletakkan surat cuti untuk berlibur selama 3 hari. Ditambah, Anda justu menambah beban pekerjaannya sebelum cuti karena tidak mau merasa rugi sedikitpun telah membayarnya sebulan penuh.

Kemudahan mendapatkan cuti merupakan salah satu kebahagiaan kecil yang makin langka bagi karyawan di era sekarang.

Atau, Anda bisa memberikan hadiah kecil seperti paket liburan bagi karyawan Anda yang tidak pernah telat masuk kerja dan membolos selama setahun.  Anda perlu tahu, paket liburan seharga 5-10 juta saja sudah sangat membahagiakan bagi mereka dan itu bukan bentuk pemborosan. Harga itu sepadan dengan dedikasi karyawan Anda. Selain itu, anggaplah Anda sedang berinvestasi pada karyawan. Karena setelahnya, produktivitas karyawan tersebut makin meningkat dan memancing kompetisi positif di antara karyawan untuk mendapatkannya.

Gunakan aplikasi seperti yang mampu menjadi solusi terbaik bagi keterbukaan sistem di perusahaan Anda.

AbsenKu Profesional merupakan aplikasi absensi berbasis cloud yang memungkinkan setiap anggota tim melakukan absensi secara digital. Tak terbatas tempat dan alat, aplikasi AbsenKu Profesional dapat digunakan di manapun (di tempat yang diperbolehkan perusahaan) dan juga tanpa alat scanner tambahan, cukup dengan smartphone saja, semua anggota tim bisa melakukan absensi.

Tak hanya itu saja, aplikasi AbsenKu Profesional juga bisa dimanfaatkan untuk mengelola data cuti dan jam lembur karyawan. Sehingga seluruh data absensi, cuti maupun lembur karyawan akan terkumpul secara jelas dan akurat.

Karyawan bisa memantau performa mereka sendiri, mulai dari kedisiplinan masuk kerja, kapan mereka ambil cuti dan berapa lama waktu mereka untuk lembur. HRD akan lebih mudah mengontrol absensi karyawan, meng-acc pengajuan cuti, mendata lembur karyawan tanpa harus repot dan banyak lagi.

Pimpinan pun dapat menggunakan AbsenKu Profesional untuk mengecek seluruh data karyawan. Sehingga dari data tersebut dia berhak menentukan, manakah karyawan yang berhak mendapat apresiasi dan mana yang berhak mendapat teguran secara adil.

Pimpinan bahkan bisa memantau seluruh data performa kinerja karyawan secara real time di manapun dia berada tanpa terpaku pada alat yang meribetkan. Cukup dengan satu genggaman saja lewat AbsenKu Profesional, kerja pimpinan akan jadi lebih praktis dan efisien.

***

Memekerjakan karyawan berarti Anda sedang berinvestasi pada manusia. Tak perlu merasa rugi dengan aneka penghargaan dalam bahasan di atas. Anda mungkin tidak bisa langsung melihat hasilnya dalam waktu singkat, tapi lihatlah dalam jangka panjang. Jika Anda sebagai pemimpin perusahaan atau jajaran manajemen tulus melakukannya, jangan heran jika Anda masih akan melihat mereka di balik mejanya belasan atau bahkan hingga puluhan tahun mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *