Memanfaatkan Data Untuk Pengambilan Keputusan

memanfaatkan data

Penggunaan teknologi analytics kini sudah dianggap lumrah di dunia bisnis.  Sebagai pimpinan perusahaan, Anda harus benar-benar familiar dalam penggunaan data, baik untuk membuat sebuah produk maupun untuk mengembangkan SDM perusahaan Anda.

Sebetulnya, analytics telah digunakan sejak lama untuk mengambil berbagai keputusan, menyusun strategi bisnis, membuat produk, dan berbagai kegunaan lainnya. Dengan memahami apa yang dilakukan oleh pengguna berdasarkan data, pembuat produk akan mengerti tentang apa yang sebenarnya diinginkan dan dibenci oleh para pengguna dan konsumennya.

Yang berbeda adalah, teknologi untuk mengumpulkan data telah semakin beragam serta berkembang secara pesat.  Dengan pemahaman data yang baik, diharapkan akan tercipta sebuah produk yang tepat guna serta diterima baik oleh pengguna.

Anda mungkin mengira bahwa analytics adalah web analytics atau lembaran kertas berisi evaluasi program. Anggapan itu tidak salah, tapi analytics sebetulnya tidak hanya sebatas itu.

Pada dasarnya, analytics digunakan untuk memahami perilaku pengguna dan konsumen produk/jasa yang Anda produksi. Dengan analytics, kita jadi mengetahui apa yang membuat produk Anda diminati oleh pengguna. Selain itu, analytics juga akan membantu kita untuk membuat sebuah fitur yang yang tepat guna.

Sebelum Anda benar-benar menggelontorkan dana untuk meluncurkan sebuah produk baru, lihatlah terlebih dahulu data perilaku dari pengguna. Apakah mereka benar-benar membutuhkan fitur tersebut atau tidak. Jika tidak, mungkin saja Anda hanya akan membuang dana secara percuma.

Bagaimana cara mengumpulkan data tersebut?

Anda dapat menjalankan uji coba seperti A/B testing untuk melihat hasil serta membandingkannya. Dengan hasil data dari pengujian, Anda mampu untuk membuktikan bahwa ide yang diutarakan benar-benar bekerja.

Salah satu cara yang dapat kita lakukan adalah dengan meminta calon pengguna secara sukarela menjalankan dua alternatif atau lebih dari pilhan ide yang ada. Data perilaku pengguna kemudian direkam untuk kemudian dijadikan acuan memutuskan alternatif mana yang terbaik untuk dikembangkan.

Fungsi Vital Data Untuk Pengambilan Keputusan

Di dalam perusahaan, biasanya pengambilan keputusan didasarkan atas pendapat jajaran direksi atau para pemegang saham. Semakin besar sebuah perusahaan, semakin banyak pula opini yang akan timbul sebelum akhirnya diambil sebuah keputusan. Karenanya, dibutuhkan sebuah data pendukung yang dapat digunakan untuk memperkuat sebuah opini.

Dengan dukungan data, sebuah opini tidak hanya menjadi asumsi kosong yang—mungkin saja—tidak dapat menghadirkan sebuah keputusan tepat bagi organisasi.

Tak hanya untuk penentuan keputusan besar, pengolahan data juga peran vital untuk mengukur performa karyawan, seperti tingkat keberhasilan dalam mengerjakan proyek, tingkat kehadiran, waktu lembur yang diambil, dan masih sangat banyak hal yang bisa dilakukan dengan memanfaatkan teknologi pengolah data.

Semakin berkembangnya zaman, pemanfaatan data tidak sekadar tentang bagaimana mengolahnya, tapi juga mengenai bagaimana data tersebut dapat ditampilkan secara real-time demi transparansi dalam perusahaan.

Berdasar data, Anda bisa saja menyebut si A memiliki performa baik dan disiplin sehingga memberinya insentif lebih. Namun, tanpa transparansi data yang bisa diakses semua orang secara real-time, bisa saja akan muncul kecurigaan bahwa Anda melakukan praktek nepotisme.

Anda harus menggunakan tool yang dapat membantu Anda secara cepat dan akurat. Pilih tool yang mampu memonitor perihal kedatangan, jam pulang, hingga mengarsipkan waktu lembur dengan mudah dan cepat.

Dalam hal ini, AbsenKu Profesional adalah solusi tepat.

AbsenKu Profesional merupakan aplikasi absensi berbasis cloud yang memungkinkan setiap karyawan melakukan absensi secara digital. Tak terbatas tempat dan alat, aplikasi AbsenKu Profesional dapat digunakan di manapun (di tempat yang diperbolehkan perusahaan) dan juga tanpa alat scanner tambahan, cukup dengan smartphone, semua anggota tim bisa melakukan absensi.

Lebih dari itu, dengan fitur berita dan pengumuman, Anda bisa menyebarkan informasi terbaru tentang perkembangan perusahaan maupun hal penting lain pada seluruh elemen di perusahaan dengan mudah dan cepat.

***

Di dalam iklim bisnis seperti era sekarang ini, kita tidak bisa menerka apa saja yang akan terjadi. Karenanya dengan memanfaatkan analytics, diharapkan dapat membantu perusahaan untuk mengambil setiap keputusan secara tepat dan efektif berdasarkan data yang terkumpul.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *