Berbagai Tipe Laporan yang Dibutuhkan Oleh Suatu Perusahaan yang Ingin Berkembang

Dalam suatu perusahaan, sebuah laporan diperlukan untuk mengecek bagaimana perusahaan tersebut dijalankan. Apakah sudah sesuai dengan target dan tujuan, atau justru melenceng jauh. Laporan juga idbutuhkan untuk mengetahui sudah sejauh mana perusahaan berkembang.

Meski mayoritas perusahaan lebih mengutamakan laporan keuangan, namun sebetulnya di luar itu masih ada juga berbagai tipe laporan lain yang dibutuhkan untuk pengembangan perusahaan. Seperti misalnya laporan kinerja karyawan, laporan plan rutin baik harian atau mingguan, dan banyak lagi.

Masing-masing laporan ini memiliki fungsi dan peranannya masing-masing. Seperti misalnya,

Laporan keuangan dibuat agar perusahaan tahu gambaran atas kondisi keuangan suatu perusahaan

Laporan keuangan perusahaan merupakan sebauh informasi yang berisi gambaran serangkaian aktivitas keuangan yang berlangsung di sebuah perusahaan. Fungsinya sendiri adalah untuk mengetahui informasi serta gambaran atas kondisi leuangan di perusahaan tersebut.

Melalui laporan keuangan ini juga manager atau direktur dapat mengetahui hasil usaha sebuah perusahaan pada suatu periode. Apakah berhasil mencapai target atau justru mengalami kerugian. Melalui laporan keuangan ini atasan juga bisa memantau perputaran uang perusahaan pada suatu periode tertentu.

Banyak yang mengatakan bahwa perusahaan yang tak bisa menyusun atau membaca laporan keuangan dengan baik sudah dipastikan tak akan bisa bertahan apalagi berkembang. Untuk itu diperlukan finance yang memang mumpuni dan paham bagaimana menyusun dan membaca laporan keuangan secara tepat.

Laporan plan dan realisasi untuk tahu sejauh mana sebuah rencana berhasil dieksekusi

Mengapa laporan plan dan realisasi penting untuk disajikan secara rutin? Karena melalui laporan ini atasan baik manager atau direktur dapat melakukan evaluasi atas plan yang sudah dikerjakan. Apakah langkah yang diambil sudah tepat sasaran dan sesuai dengan target perusahaan? Lalu apakah plan tersebut sudah tercapai secara sempurna atau justru masih banyak mengalami kendala?

Laporan plan dan realisasi menjadi bahan yang penting untuk melakukan evaluasi pada strategi sebelumnya. Juga sebagai patokan untuk membuat strategi baru yang lebih baik lagi.

Laporan kinerja karyawan yang penting untuk pengembangan perusahaan

Laporan kinerja karyawan ternyata sangat penting untuk disusun secara rutin. Tipe laporan ini ternyata berguna untuk mengevaluasi performa para karyawan yang merupakan aset terpenting dalam suatu perusahaan. Sehingga perusahaan mampu mengontrol dan mengarahkan agar perkembangan dan pertumbuhan para karyawan dapat disesuaikan dengab kebutuhan perusahaan.

Laporan kinerja karyawan sebaiknya juga dilakukan tidak hanya menyasar staff saja, namun mencakup seluruh lapisan atau level karyawan baik itu top management, manager dan lainnya.

Pembuatan laporan kinerja karyawan juga bukan hal yang mudah. Dibutuhkan data yang cukup banyak di mana data ini merupakan rekap dari data keseharian. Jika jumlah karyawan hanya puluhan mungkin ini bukanlah hal yang sulit dilakukan. Namun bagaimana jika jumlah karyawan dalam suatu perusahaan berjumlah ratusan bahkan ribuan? Tentu akan membuat ribet Staff HRD bukan?

Maka itulah dalam menyusun laporan kinerja karyawan ini dibutuhkan suatu piranti yang bisa membantu kerja staff HRD menjadi lebih efektif dan efisien tanpa harus menghabiskan banyak tenaga dan waktu. AbsenKu Professional adalah salah satu piranti yang bisa dimanfaatkan, baik okeh satff HRD, manager hingga direktur.

Bagi HRD, aplikasi AbsenKu akan mempermudah proses rekapitulasi dan monitoring kehadiran karyawan. HRD juga makin mudah dalam mengatur jadwal pembagian shift, penyampaian informasi terbaru, pengiriman slip gaji, saran dan keluhan karyawan, hingga survey karyawan yang cukup dengan satu sentuhan saja.

Begitupun dengan jajaran manajemen yang akan sangat dimudahkan dengan fitur-fitur tersebut. Direktur tak perlu lagi meminta data manual dari HRD karena semua sudah tersentral dalam satu aplikasi. Atasan bisa mengontrol kapan pun mengenai kehadiran dan kinerja karyawan.

Pimpinan bahkan bisa memantau seluruh data performa kinerja karyawan secara real time di manapun dia berada tanpa terpaku pada alat yang meribetkan. Cukup dengan satu genggaman saja lewat AbsenKu Profesional, kerja pimpinan akan jadi lebih praktis dan efisien.

Pimpinan pun dapat menggunakan AbsenKu Profesional untuk mengecek seluruh data karyawan. Sehingga dari data tersebut dia berhak menentukan, manakah karyawan yang berhak mendapat apresiasi dan mana yang berhak mendapat teguran secara adil.

Karyawan bahkan bisa memantau performa mereka sendiri, mulai dari kedisiplinan masuk kerja, kapan mereka ambil cuti dan berapa lama waktu mereka untuk lembur. HRD akan lebih mudah mengontrol absensi karyawan, meng-acc pengajuan cuti, mendata lembur karyawan tanpa harus repot dan banyak lagi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *